-

Salam

8 April 2011

Sholat Malam



Pagi hari yang penuh barokah ini, an mulai menulis di blog sambil diiringi suara alunan murrotal dari Ahmad Saud. Suara dari Ahmad Saud membuat hati ini bergetar ketika mendengarkan surat cinta dari Allah.

QS Al Anfal 2
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal".

Bermula dari sebelum tidur, an menuliskan kembali impian hidup an. Karena sebelumnya an merasa selama beberapa pekan ke belakang sepertinya an bukan seorang FATIMAH yang sebenarnya. Semua mengalir tanpa ada hal yang mendasari kuat setiap langkah yang an ambil. Salah satu catatan an adalah "Perbaiki niatmu, lakukan step by step untuk melangkah ke tahapan selanjutnya". Ada maksud khusus yang mendasari kalimat ini.

Ketika sebelum tidur an berdo'a, "Ya Allah, bangunkanlah hamba di sepertiga malam ini,...". Ketika hati mulai merasakan kekeringan maka yang paling mujarab adalah melakukan sholat malam di sepertiga malam terakhir.

Alhamdulillah, Ya Allah, hati yang mulai kering sedikit demi sedikit terobati dengan kekhusyukan bermunajat kepada Engkau. Sedikit demi sedikit hati yang kering mulai disirami dengan air yang membuat hati ini menjadi sejuk kembali. Tak kuasa an menahan air yang terus mengalir membasahi pipi ketika membaca Al Qur'an. Inilah yang an cari beberapa hari ini. Ya Allah,,Iyya kana'budu waiyya kanasta'in.

Al Muzzammil adalah surat yang menyuruh kita untuk melakuka sholat di sepertiga malam terakhir supaya kita dapat mengambil hikmah.
Al Muzzammil 1-8
1. Wahai orang yang berselimut (Muhammad)!
2. Bagunlah (untuk shalat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil,
3. (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu.
4. Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan.
5. Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu.
6. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan.
7. Sesungguhnya pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan-urusan yang panjang.
8. Dan sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan sepenuh hati.

Sholat malam dengan khusyuk menjadi sebuah kran air yang membasahi hati yang mulai kekeringan.

"Ya Allah, kokohkanlah langkah kaki hamba-Mu ini untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Dan kuatkanlah pundak hamba-Mu ini untuk menjalankan amanah ini,, hanya kepada Engkaulah hamba memohon dan hanya kepada Engkaulah hamba meminta pertolongan".

1 komentar: