-

Salam

7 April 2011

Al Fatih

QS An Nisa' : 71
"Wahai orang-orang yang beriman! Bersiap siagalah kamu, dan majulah (ke medan pertempuran) secara berkelompok, atau majulah bersama-sama (serentak)".

Muhammad Al Fatih
Sosok pemuda yang selalu gigih dalam berjuang dan menjadikan Konstantinopel menjadi negara Islam di usia yang sangat muda. Sungguh sosok yang menginspirasi. Ketika menjadi seorang khalifah pun Al Fatih selalu mengutamakan kesejahteraan rakyatnya dan selalu berhati-hati dengan segala fasilitas menjadi seorang pemimpin.

Rasulullah pernah bersabda : "Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan". (HR. Imam Ahmad)

Umar bin Khattab menegaskan prinsip penilaiannya akan kualitas seseorang, " Yang paling aku cintai dari kalian sebelum akau mengenal kalian adalah yang paling baik riwayat hidupnya. Tetapi bila kalian telah bicara, yang paling aku cintai adalah yang paling fasih biacranya. Tetapi stelah aku uji kalian, maka yang paling aku cintai adalah yang paling baik pekerjaannya".

QS Al Qasas 77
"Dan carilah (pahala negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan ALlah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik padamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan".

Bekerja bukan hanya dianjurkan untuk memeberi manfaat kepada manusia, tetapi juga snagat dipuji jika bermanfaat bagi makhluk lain. Rasulullah saw bersabda, "Seseorang muslim yang menanam atau menabur benih, lalu ada sebagian yang diakan oleh burung atau manusia, ataupun oleh binaatang , niscaya semua itu akan menjadi sedekah banginya". (HR Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Khalil Gibran dalam Sang Nabi membuat puisi yang indah :
Kau bekerja, supaya langkahmu seiring irama bumi. Serta pejalan roh jagad ini. Berpangku tangan menjadikanmu orang asing bagi musim, Serta keluar dari kehidupan itu sendiri. Yang menderap perkasa, megah dalam ketaatannya menuju keabadian masa.

Hal ini menggambhrkan bahwa sesunguhnya di usia muda maka gunakan wakTunya dengan hal yang bermanfaat bagi orang lain. Dan selalu mempunyai etos kerja yang tinggi.

Yuks,,bersemangat menjadi orang yang bermanfaat bagi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar