-

Salam

3 Juni 2012

Seorang Anak

Saat berbincang-bincang dengan guru, ada cerita yang menarik tentang seorang anak. Anak laki-laki ini sudah kelas 8 (atau kelas 2 SMP). Ada hal yang menarik karena anak tersebut agak susah menganlisis pelajaran, banyak rumus yang kebalik-balik. Dan emosi anak tsb kurang stabil, sering marah-marah, 'grundel', dan kurang dapat bersosialisasi dengan temannya. Ketika ditelusuri ternyata ada penyebabnya. Anak tersebut ternyata kurang mendapat kasih sayang dari orang tuanya. Karena orang tuanya sangat sibuk, berangkat pagi pulang malam. Dan tanpa ada yang mengurusinya di rumah. Dia tinggal dengan seorang adiknya. Kakak beradik ini walau masih kecil sudah bisa memasak sendiri untuk makan sehari-hari mereka. Berbeda dengan adiknya adiknya mandiri dan pintar. Setiap anak memang berbeda, tidak bisa disamakan. Tetapi yang menjadi faktor utama seorang anak itu berhasil adalah kasih sayang dan didikan dari orang tua. Mungkin banyak anak di luar sana yang mempunyai kesamaan dengan anak tsb. Hal yang bisa kita lakukan adalah melakukan pendekatan dengan cara yang baik, sehingga kita bisa membantu anak tsb menemukan kasih sayang yang mungkin tidak pernah didapatkan di rumah. Sebuah nasehat sudah sangat membantu agar anak tsb berubah. Banyak ibroh yang bisa kita ambil dari kejadian tersebut. Semoga menjadi inspirasi bagi kita sebagai guru atau calon orang tua, semoga kita memperhatikan perkembangan generasi-generasi peradaban.

1 komentar:

  1. Sudah banyak cerita bahwa anak jadi nakal, minum2, nge-Drug, dll alasannya karena broken home (ortu cerai, ortu suka berantem, ortu jarang bahkan gk pernah di rumah, kurang kasih sayang, dll). Tapi sayangnya ortu yang seperti itu hanya berfikir EGOIS dan kurang peduli terhadap anak. Yang jadi korban ya tentu saja sang anak.

    Kurang kasih sayang memang bisa berkbiat fatal. Dan bagi kita yang tahu dan peduli, berikanlah kasih sayang yang bisa diberi kepada mereka yang kurang kasih sayang.

    Semoga para ortu akan lebih peduli terhadap anak2nya. Anak adalah amanah untuk para orang tua.

    Hehehe kepanjangan ya komennya.. ^_^ !!
    Artikelnya bagus ukhti. Semoga Barokah...

    BalasHapus