-

Salam

14 Agustus 2011

ATMOSFER KAMPUS


Berawal dari sebuah perjalanan yang ana lakukan tahun lalu. Sebuah perjalanan antar kota dan antar kampus yang begitu menginspirasi. Yaitu perjalanan antar masjid kampus (afwan, harap maklum.. temanya selalu tentang perjalanan, karena ana sangat suka dengan sebuah perjalanan..banyak ibroh yang bisa kita ambil dari setiap perjalanan yang kita lakukan).
Pemilihan judul 'atmosfer kampus' ini juga mengandung makna. Menurut wikipedia, definisi atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. Sedangkan menurut ana kampus itu akan terasa bermakna dengan kehadiran masjid kampus di dalamnya. Karena masjid kampus dan segala aktivitasnya adalah sebagai pelindung orang-orang yang ada di kampus tersebut. Sehingga masjid kampus lah yang berfungsi menjadi 'atmosfer kampus'.

MASKAM (Masjid Kampus)



Ada yang pernah mendengar Maskam?? Yap, ini adalah masjid kampus yang berada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Masjid yang terkenal dengan arsitektur seperti Taj Mahal di India. Yaitu ada kolam yang berada di depan Masjid serta di tengah-tengah kolam itu ada tulisan kaligrafi yang berlafadzkan Allah. Sungguh megah arsitektur masjid ini. Serta di samping kanan dan kiri masjid terdapat taman yang mempercantik lanskap masjid ini. Subhanaallah..
Tetapi ada yang lebih menarik dengan masjid ini. Ana ke mampir ke masjid ini dengan beberapa orang teman IPB (yang meyebut dirinya ALANG, Akhwat petuaLANG). Ketika itu ana ingin melaksanakan sholat dhuha di sana. Pertama kali memasuki kawasan masjid, Subhanallah, sungguh beragam orang yang melakukan aktivitas di masjid itu. Banyak akhwat dan ikhwan yang sibuk dengan aktivitas di masjid kampus ini. Atmosfer yang begitu terasa heterogenitas di masjid tersebut. Ketika sampai di tempat sholat akhwat (lantai 2),,lagi-lagi ana melihat ada sesuatu hal yang asing. Ada tiga kelompok lingkaran kecil di setiap sudut ruangan tersebut. Yang masing-masing kelompok tersebut ada seorang yang menjadi mentor dan adik2 mentor nya. Subhanallah.. Pemandangan seperti ini mungkin sering kita lihat di masing-masing masjid kampus. Namun, di Maskam ini sungguh berbeda. Tiga kelompok lingkaran kecil ini ternyata mempunyai 3 jenis warna yang berbeda. Ini pemandangan yang ana temukan di Maskam.
Sungguh, betapa strugle nya ikhwah yang ada di kampus ini menghadapi sebuah lingkungan yang heterogen (bahasa ekonomi, mengalami persaingan pasar sempurna).
KEEP ISTIQOMAH,,bergerak mencari ridho Allah!!

Masjid Nurul Huda


Ada yang tahu Masjid Nurul Huda itu masjid kampus apa?? Yup..yup.. Masjid Nurul Huda adalah masjid yang berada di kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Ini masjid kedua yang ana kunjungi tahun kemarin. Pada saat ke UNS, ana ditemani dengan seorang teman SMA yang kuliah di UNS. Pada saat ana memasuki Masjid Nurul Huda yang pertama kali ana rasakan adalah masjid yang sejuk karena banyak pohon-pohonnya. Pada saat itu masih masjid dalam keadaan sepi karena masih liburan. Tapi ini bukan menjadi sebuah permasalahan. Karena, masjid ini berdiri kokoh dengan ketenangannya. Di lantai 2 masjid ini terdapat ruangan-ruangan yang berfungsi sebagai sekretariat pengurus masjid Nurul Huda untuk ikhwan dan akhwat. Ruangan antara ikhwan dan akhwat terpisah karena posisi ruangan ada di pojok masing-masing wing dari masjid. Tapi ada kekurang nyamanan di tempat sholat akhwat yang sama-sama berada di lantai 2, yaitu karena banyak ikhwan yang hilir mudik menuju sekret ikhwan, walaupun tidak melewati pembatas (afwan bagi yang membaca blog ini,,teman2 dari UNS..mungkin bisa menjadi masukan..). Di masjid inilah ana dan teman ana bertukar pikiran serta sharing banyak hal terkait kondisi kampus masing-masing.
KEEP ISTIQOMAH saudara/i ku,,jalan ini masih panjang,,tetaplah berkarya!!
Teruntuk : ikhwah yang ada di UNS

Masjid Al Hurriyyah


Hayo, Dimana letak masjid Al Hurriyyah??
Al Hurriyyah..Al Hurriyyah..
Kau berdiri kokoh disana..
Itu adalah sepenggal lirik dari Mars Al Hurriyyah. Terharu deh,,jika mendengarnya. Yap, bener banget ini adalah masjid kampus yang berada di Institut Pertanian Bogor (IPB). Posisi dari Masjid Al Hurriyyah ini berada di kampus bagian belakang jadi agak susah dijangaku oleh masyarakat. Tapi jika di kalangan civitas akademika IPB, masjid kampus ini menjadi tempat favorit. Apalagi pada waktu hari jum’at, sampai penuh parkiran yang disediakan. Arsitektur dari masjid ini memang agak unik dan berbeda dengan bentuk-bantuk masjid pada umumnya. Karena bentuknya masjid ini limas, seperti kebanyakan bentuk gedung yang ada di IPB. Masjid ini sangat sejuk, tenang, dan sangat nyaman. Pokoknya membuat orang rindu akan masjid ini jika sudah meninggalkan kampus. Aktivitas di masjid ini juga sangat banyak yaitu agenda kajian rutin, buka shaum bareng (jika Ramadhan), belajar bareng, ngerjain tugas (apalagi sekarang terdapat wifi). Dan kita pun dapat menemukan beberapa kelompok lingkaran kecil setiap harinya di masjid ini.
Teruntuk : pejuang-pejuang tangguh,,teruslah berkarya, teruslah bergerak, wujudkan perubahan!! KEEP JIHAD IN OUR HEART!! KEEP ISTIQOMAH..

Kun kitaaban mufiidan bila 'unwaanan, wa laa takun 'unwaanan bila kitaaban. Jadilah kitab yang bermanfaat walaupun tanpa judul. Namun, jangan menjadi judul tanpa kitab.


Yuks, kita ramaikan masjid kampus!!
Serta rasakan atmosfer nya..

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS At-Taubah; 09 : 18)


nb: Masing-masing masjid kampus mempunyai atmosfer yang berbeda-beda. Nah, saatnya rasakan setiap hembusan atmosfernya. (Jangan hanya numpang lewat saja ya..)

5 komentar:

  1. yuk mari,,sy nantikan liputan masjid kampus lainnya, (request: Univ. Muhammadiyah Malang) konon, masjid kampus terbesar. disusul alhuriyah IPB diposisi 2.
    folbek blog saya dong :http://ariasky-32.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Saat ini masjid kampus terbesar diduduki oleh UPI.. Masjid UPI yang baru selesai pembangunannya....

    BalasHapus
  3. subhanallah,,sudah ada masjid yang lebih besar lagi ya..insyaAllah jika mempunyai kesempatan akan kesana..

    BalasHapus
  4. NH lagi renovasi, JS lagi perbaikan atap, UMM besar karena bertingkat-tingkat :D

    BalasHapus
  5. jazakumullah khoir katsir,,atas infonya..

    BalasHapus