-

Salam

18 Januari 2012

Mengajar

Mengajar..
Selama ini aku tidak mau mengakui jika kedepannya menjadi seorang guru. Bagiku mengajar itu bukanlah sesuai dengan sifat dan keahlianku. Banyak orang yang mengira pun sama. Teman-temanku mengira aku lebih cocok untuk menjadi wirausaha karena dengan sifat yang sangat kental dnegan diriku. Yaitu sifat suka memimpin dan 'kekeuh' pada pendapatnya sendiri. Tapi selama beberapa hari ini dikejutkan dengan barbagai tawaran untuk mengajar. Wah..bagaimana ini?? Tak pernah terbayangkan aku berdiri di depan kelas sambil mengajarkan mata pelajaran di depan anak-anak smp.
Tepatnya hari ahad, 15 Januari 2012, aku dipersunting oleh Kepala Sekolah SMP Nurul Fajar untuk menjadi salah satu guru di sekolah tersebut. Tak kuasa aku untuk menolak tawaran itu, karena beliau langsung lah yang memintaku untuk menajdi guru di SMP Nufa (Sebuah singkatan dari Nurul Fajar). Beliau langsung memintaku menemui beliau di hari Senin pagi untuk mengambil buku pelajaran dan sedikit penjelasan terkait SMP dan kelas tempat aku mengajar. Di hari yang bersamaan pula ada agenda yang seharusnya aku datang full day. Akan tetapi, aku memilih untuk izin sebentar untuk ke SMP Nufa. Bayangkan hari Senin diminta untuk mengambil buku pelajaran dan hari Selasa sudah diminta untuk langsung mengajar. Secepat kilat aku mulai membaca kembali buku pelajaran untuk kelas VII SMP.
Pertanyaan-pertanyaan pada diri ini mulai berkecamuk. Ada salah satu orang teman tempat kita saling menuangkan isi hati. Ketika kita membicarakan masa depan, yang terucap dari mulut ini adalah 'Sepertinya aku g cocok untuk menjadi seorang guru, karena dengan sisi egois ku yang masih tinggi'. Begitu pula dengan temanku, kita mempunyai karakter yang sama. Karena dalam bayanganku seorang guru itu harus menjadi seorang Ibu yang baik, harus mengalah pada anak-anak nya, mengayomi, menasehati, dll. Tanggung jawab itu sedemikian besarnya, sehingga aku merasa belum mampu untuk menerima itu semua.
Subhanallah,,,ternyata Allah berkehendak lain. Apakah ini menjadi jalan hidupku selama ini?? Wallahu'alam,, Allah lah yang mengatur semua urusan makhluk-Nya. Di setiap perjalanan hidup pasti Allah telah menyiapkan skenario hidup kita untuk kebaikan kita pula. Inilah yang dapat aku ambil Ibrohnya dalam beberapa hari ini. Maha Besar Allah atas segala sesuatu yang telah ditetapkan.
Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya pun tiba. Hari Selasa, 17 Januari 2012 adalah hari pertama mengajar di SMP Nurul Fajar Desa Carangpulang. Pertama kali masuk ke kelas, aku diperkenalkan terlenih dahulu oleh Kepala Sekolah. Agak canggung juga karena aku dipanggil dengan kata 'Ibu'. Tapi harus sudah mulai membiasakan diri dengan panggilan Ibu. Pertama kali melihat anak-anak kelas VII, seperti ada sebuah ikatan hati yang bersimpul. Ingin rasanya aku menjadi salah seorang yang mengiringi mereka sampai mereka menjadi pribadi yang lebih baik. Seorang teman pernah mengatakan kepadaku bahwa dia tidak mau mengajar, karena pasti dia akan sulit berpisah dengan anak-anak yang dibimbingnya itu. Apakah itu benar?? Aku jalani saja apa yang ada sekarang. Dalam beberapa menit kita bersama (yaitu aku dan anak-anak kelas VII), aku langsung mengenali karakter mereka satu per satu. Maklum, aku termasuk orang yang suka memperhatikan walau jarang bisa untuk mengungkapkan perasaan itu.


"Ya Allah, semoga ini jalan ynag terbaik untuk hamba-Mu ini.
Ridhoilah dan berikan keberkahan di setiap langkah ini untuk dapat menghasilkan kebaikan dimanapun hamba berada."

@LSI -- pk 10.13 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar