-

Salam

24 Juni 2010

naruto vs one piece



Pagi-pagi sudah kepingin nulis,,tapi yang muncul adalah keinginan untuk menulis tentang naruto dan one piece yang sudah lama dipendam. Ini tentang cara pandang saya mengenai naruto dan one piece. Mungkin banyak yang menganggap aneh ya mengenai kedua komik ini tapi ada sesuatu yang memebuat saya tertarik.

Naruto
Cara pandang saya ketika membaca alur ceritanya adalah terdapat konsep tarbiyah. Banyak orang membaca naruto hanya sekedar untuk membaca saja dan mengikuti alur cerita. Namun, dibalik alur cerita itu terdapat konsep tarbiyah yang secara tersirat dimunculkan. Coba deh membacanya maka akan melihat konsep tarbiyah di sana. Konsep tarbiyah yang dilakukan adalah dalam cerita naruto di desa Konoha menerapkan bahwa seorang guru akan mempunyai 3 orang murid. Dan dari muridnya ini masing-masing akan mempunyai 3 orang murid lagi. Misalnya : Tim 7 ini terdiri dari Kakashi (guru), Naruto, Sakura, Sasuke (mrid). Dalam tim 7 ini terdapat guru dan murid. Sebelumnya sang guru (Kakashi) mempunyai guru seorang Hokage (Kepala Desa). Didalam tim ini dipelajari semua ilmu yang berasal dari gurunya dan belajar untuk saling mengerti antar murid yang satu dengan yang lainnya. Didalamnya juga konsep ukhuwah sangat terlihat. Melihat ada teman seperguruanya yang berubah jalur maka teman-teman yang lainnya mengingatkan dan mencoba untuk menyadarkannya. Nah, inilah cara pandang saya dalam membaca komik tidak hanya melihat dari alur ceritanya saja tapi ada manfaat yang dapat diambil.

One Piece
Orang-orang melihat komik ini sangatlah 'lebay' dan 'gajebo'. Saya juga menyadarinya kok..hehehe..Namun, ada beberapa yang dapat diambil pelajarannnya dari karakter tokoh kartunnya disana, yaitu :
1. Monkey D. Luffy : seorang kapten bajak laut di sebuah kapal Going Merry (kapal terdahulu) dan kapal Thousand Sunny (kapal baru). Luffy ini adalah seorang pemimpin ynag sangat memperhatikan awak kapalnya. Ikatan pertemanan dalam kru bajak laut ini sangatlah baik. Antara teman yang satu dengan yang lainnya saling mengorbankan dirinya untuk keselamtan kru yang lainnya. Luffy adalah kapten kapal yang baik, walau suka makan, dan seenaknya sendiri. Luffy juga orang yang selalu menepati janjinya jika berjanji pada orang lain. (Pemimpin yang baik)
2. Portgas D. Ace : Ace adalah kakak luffy. Ace adalah orang yang selalu menjunjung tinggi ikatan persaudaraan yang pernah terjadi. Pantang menyerah karena berusaha untuk selalu melindungi adiknya (Luffy) dari dari orang yang ingin membunuh Luffy. Ace adalah seorang kakan yang sangat baik kepada adiknya. Namun, Ace meninggal karena melindungi adiknya (Luffy). (Kakak yang baik)
3. Kru bajak laut 'Topi Jerami' : Kru bajak laut ini sangat menjunjung tinggi qiyadah wal jundiyah. Mereka sangat percaya kepada kapten kapalnya yaitu Luffy dalam mengambil semua keputusan. Mereka tidak pernah menentang apa yang diperintahkan pemimpinnya. Amal jam'i juga diterpakan dalam kru ini dalam melakukan perjalanan menuju sebuah cita-cita yang diinginkan bersama. (Tim yang solid)

Nb: Komik yang saya sukai hanya dua komik ini yang lainnya tidak terlalu suka. Semoga bisa membagi cara pandang dalam membaca komik. Mohon kritik dan masukannya..

2 komentar:

  1. apaan maksutnya ONEPIECE gk jebo lebay dll..?
    ngikutin jalan ceritanya gak gan?

    BalasHapus
  2. itu kata orang-orang yang membacanya,,tapi di tulisan atas kan saya menuliskan kesimpulan bahwa hanya dua komik ini yg saya baca..jadi saya memang mengikuti cerita naruto dan one piece,,
    [terima kasih sudah memberikan comment,,sebenarnya saya juga

    BalasHapus