-

Salam

16 Juni 2010

Fatimah az-Zahra

Fatimah Az-Zahra,,
Sepertinya sudah banyak yang mengenal nama Fatimah az-Zahra,,yups beliau adalah putri dari ayah terbaik pemimpin kita, tauladan kita, jenderal terbaik saat perang yaitu Nabi Muhammad saw. Fatimah az-Zahra dilahirkan dari rahim seorang ibu yang menjadi wanita terbaik sepanjang zaman yaitu Khadijah ra. Subhanallah,,seorang wanita yang dilahirkan dalam sebuah lingkungan yang terbaik di sepanjang zaman. Di dalam rumah yang terdapat manusia terbaik dan wanita terbaik.
Fatimah az-Zahra lahir di Ummul Qura (Makkah). Tepatnya 5 tahun sebelum kenabian. Rasulullah sangat bahagia saat kelahiran putri tercintanya. Sejak kelahiran, Rasulullah merasakan adanya keistimewaan pada anak itu. Ia akan menjadi wanita yang membawa berkah, lalu diberi nama Fatimah. Dari ayahnya, Fatimah belajar semua akhlak mulia. Dari Ibunya, Fatimah belajar kejernihan pikiran yang tidak dimiliki wanita lain. Sebuah keluarga yang sempurna.
Fatimah menjadi salah satu dalam generasi pertama yang memeluk Islam. Fatimah menjadi salah satu wanita yang menegakkan Islam di bumi Allah ini. Banyak perang yang pernah beliau ikuti saat membela Islam. Perjuagan Fatimah ra. menegakkan kalimat Allah sangatlah gigih. Selain itu Fatimah adalah putri kesayangan Rasulullah saw. Sifat utama dari Fatimah adalah pemalu yang merupakan sifat yang diturunkan oleh Rasulullah saw.
Fatimah mempunyai suami yang menjadi laki-laki yang disayangi oleh Rasulullah saw yaitu Ali bin Abi Thalib ra. Suaminya ini adalah laki-laki yang dipilihkan langsung oleh Rasulullah saw untuk menjadi suami putri tercintanya. Subhanallah,,wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik pula. Fatimah ra dan Ali bin Abi Thalib ra dikaruniai dua orang putra yang nantinya akan menjadi 'Dua Pemimpin Para Pemuda di Surga' yaitu Hasan dan Husein. Wah, benar-benar kelurga yang diberkahi oleh Allah SWT.
Suatu ketika saat Rasulullah saw sakit, Fatimah ra diminta untuk duduk di samping Rasulullah dan membisiki sesuatu di telinga Fatimah ra. Sehingga Fatimah ra sedih dan tertawa.
Aisyah ra. menceritakan bahwa dia pernah berkata kepada Fatimah ra. "Apa yang membutamu mengis ketika dibisiki Rasulullah dan apa yang membuatmu tertawa ketika dibisiki beliau yang kedua kali?" Fatimah menjawab, "Beliau memberi tahu bahwa sakitnya akan berakhir dengen kematian. Maka aku menangis. Setelah itu beliau memberi tahu bahwa aku adalah keluarganya yang paling cepat menyusulnya. Beliay juga bersabda, ' kamu adalah pemimpin para wanita surga, selain Maryam binti Imran.' Maka aku tertawa."
Fatimah ra wafat setelah 6 bulan Rasulullah saw wafat. Namun namanya akan senantiasa diingat karena kebaikan hatinya, pemalu sifatnya, serta jujur dalam perkataannya. Beliau adalah "Pemimpin para wanita surga".
Di penghujung tulisan ini, sungguh tidak dapat dituliskan dengan kata-kata untuk menggambarkan kehidupan beliau yang mulia. Fatimah az-Zahra adalah motivasi saya dan salah satu tokoh Idola saya setelah Khadijah ra.
Allah ridha terhadap Fatimah ra. dan menempatkannya di surga Firdaus.

maroji'
35 Sirah Shahabiyah

2 komentar:

  1. afwan baru mulai mencoba nulis..

    BalasHapus
  2. hmm, semangat mbak nulisnya...^^
    putri kecil yang ingin berubah menjadi kupu-kupu ~kata2 yang sangat anis...

    BalasHapus